Minggu, 26 Juli 2020

PENGAWASAN PANEN KELAPA SAWIT


1-Pengawasan panen.
Kualitas panen, baik kualitas buah maupun kualitas pemotongan buah sangat ditentukan olah pengawasan/su[ervisi panen. Pengawasan panen dilakukan oleh mandor 1, mandor panen dan krani panen.

-a.Mandor 1.
Mandor satu bertugas membantu Asisten Divisi dalam mengelola divisi, tugas utamanya adalah melakukan supervisi kegiatan panen, pemupukan dan pemeliharaan lainya serta memastikan kegiatan yang direncanakan oleh Asisten Divisi berjalan dengan baik.
Kebutuhan mandor 1 tergantung pada luasan divisi, Idealnya 1 Divisi mempunyai 1 orang mandor 1.

Adapun tugas seorang mandor 1 secara terperinci adalah sebagai berikut.
-Membantu Asisten Divisi melakukan supervisi kegiatan pemeliharaan, pemupukan, dan panen dalam lingkup divisinya.
-Bersama Asisten Divisi menyususn rencana kerja harian setiap sore hari pada hari H-1.
-Memastikan seluruh karyawan, baik karyawan tetap maupun BHL, bekerja sesuai dengan rencana kerja harian yang telah di buat sebelumnya oleh asisten dan mandor 1.
-Membuat perhitungan perkiraan panen dan keperluan banyaknya pemanen untuk besok hari (berdasarkan perkiraan hasil panen mandor panen) serta mendiskusikanya dengan Asisten Divisi.
-Melakukan pemeriksaan kualitas buah dan ancak panen, untuk memastikan tidak ada buah matang yang tertinggal dan tidak ada buah mentah di panen serta brondolan telah terkutib seluruhnya.
-Memeriksa administrasi panen serta memastikan administrasi panen di jalankan dengan baik dan benar.
-Memonitor pengankutan buah (TBS) dan memastikan semua TBS hasil panen diangkut semuanya ke pabrik pengolahan kelapa sawit. (PKS).
-Memonitor output pekerja (Hk/Ha) dan mendiskusikanya dengan mandor sore harinya.
-Berkoodinasi dengan asisten Divisi dan menjalankan kebijakanya Asisten Divisi.

-b.Mandor Panen.
Mandor panen bertugas untuk membantu Asisten Divisi dan mandor 1 dalam pengawasan kegiatan panen, meliputi pengawasan mutu buah dan mutu ancak , absensi, output pemanen & pembrondol, pengaturan ancak panen dan sebagainya. Kebutuhan mandor panen per Divisi tergantung jumlah pemanen pada divisitersebut. Pad Tm tahun ke-1 sampai tahun k-3, Seorang mandor panen dapat mengawasi 15 orang pemanen sementara Untuk TM tahun ke empat dan seterusnya , seorang mandor panen dapat mengawasi 12 orang pemanen , Idealnya seorang mandor panen dapat mengawasi 12-15 orang pemanen.


Adapun tugas-tugas mandor panen secara terperinci adalah sebagai berikut.
-Melakukan lingkaran pagi (morning muster) pada pukul 06.00 pagi, Untuk memberikan motivasi terhadap pemanen, memberi tahu kesalahan pemanen dan output panen yang telah dicapai.
-Melakukan absensi dan memastikan jumlah pemanen mencukupi.
-Memeriksa peralatan panen karyawan, apakah sudah lengkap atau belum lengkap.
-Membagi ancak panen dan memastikan pemanen bekerja sesuai dengan ancak yang telah ditentukan.
-Memastikan seluruh ancak telah dipanen dengan benar.
-Mematikan tidak ada buah masak yang tidak dipanen pada setiap ancak dan tidak ada buah mentah yang dipanen (buah mentah dipanen tidak boleh diperam dan harus dikeluarkan ke TPH.
-Memastikan tangakai buah di potong v-cut sehingga berbentuk mulut kodok.
-Memastikan semua buah yang dipanen diangkut ke TPH dan tidak ada yang tertinggal di ancak panen.
-Memastikan tidak ada pelepah sengkleh dan semua pelepah yang terpotong tersusun rapih dan sesuai dengan ketentuan L-Ship atau U-Ship.
-Memastikan seluruh brondolan telah terkutib diseluh TPH.
-Membantu kerani panen atas sanksi/denda yang akan diberikan kepada pemanen sesuai hasil pemeriksaan mutu buah dan ancak panen.
-Memeriksa buku krani panen untuk mengetahui output pemanen dan pembrondol, terutama yang outputnya rendah tidak mencapai target standart borong.
-Mengatur pengangkutan TBS ke pabrik dan memastikan seluruh TBS yang dipanen diangkut ke pabrik pada hari yang sama.
-Memastikan kerapatan buah pada areal yang akan dipanen besok, Untuk menghitung taksasi panen esok hari dan mengisi administrasi panen di kantor divisi.

Terima kasih.

Penulis Turyono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer viewer