Minggu, 12 Juli 2020

SERANGGA PENYERBUK KELAPA SAWIT


Untuk membantu proses penyerbukan,terutama pada areal penanaman baru yang di sekitarnya belum ada kebun kelapa sawit, maka perlu dilakukan pengembangan serangga penyerbuk yaitu bernama elaidobius camerunicus. 
-Proses penyerbukan yang optimum dapat tercapai apabila populasi elaidobius camerunicus, mencapai 25.000-30.000 ekor per hektar. Untuk mengembangkan serangga penyerbuk ini, maka di pilih bunga jantan yang berisi larva elaidobius camerunicus yang sudah ber umur 2 minggu dan kemudian di potong dimasukan kedalam kantong plastik yang dapat di masuki udara. 
-Bunga jantan ini selanjutnya di bawa ke areal untuk pengembangan dan di letakan di atas pohon yang memiliki bunga jantan yang sedang anthesis. areal untuk pengembangandi pilih di tengah blok/divisi dalam luas 30 Ha, harus ada sekitar 10 janjang tandan bunga jantan. Setelah satu minggu selanjutnya di lakukan monitoring perkembngan seranggga tersebut.

-Jika masih terdapat buah parthenocarpy dan buah kurang semourna berarti penyerbukan dan serangga pada blok tersebut masih jauh dari batas jumlah serangga penyerbuk elaidobius camerunicus.

Maka perlu di lakukan aspol, asisted polination yaitu dengan cara menyemprotkan serbuk sari ke bunga betina sawit, dengan di campur bubuk atau bedak sebagai pencampurnya supaya lebih lengket.
Dengan cara kerja sebagai berikut:

Alat dan bahan. terdiri dari karet pemompa, slang sepanjang kebutuhan, botol kecap atau cause, dan bilah kayu yang panjang dan isolasi perekatnya.
Buat lubang pada botol kecap, terus di buat saluran masuk udara slang panjang dan saluran keluar slang pendek, slang panjang dihubungkan dengan pemompa karet di bawah yang akan kita tekan sehingga mengeluarkan udara dan memompa bubuk serbuksari keluar menyerbuki bunga betina sawit.

Cara buat bubuk polennya, ambil bunga jantan yang masih antesis yang baru kemudian potong, dan kemudian di letakan dia atas baskom kemudian di rontokan serbuksarinya ke baskom setelah dapat banyak kemudian di saring supaya  bersih terhindar dari kotoran. 
kemudian ambil polen 10 gram dan bedak 1000gram perbandinganya 1:10. 
-Kemudian di aduk dan campur sampai merata, kemudian ditaruh di botol kecap tersebut, setealah itu kita keliling mencari bunga betina yang masih berwarna putih kemmudian kita semprotkan 1 sampai 3 kali semprotanya kesemua bunga betina tersebut sehingga dapat terjadi penyerbukan yang dinginkan

-lakukan ini selama kurang lebih 2 minggu sekali selama 1 tahun maka akan terlihat hasilnya buah akan menjadi normal dan partenocharpy akan berkurang. terima kasih

Penulis Turyono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Populer viewer